Senin, 28 Maret 2011

PENGENDALIAN SECARA KULTUR TEKNIS



PENGENDALIAN SECARA KULTUR TEKNIS
1.      Rotasi tanaman
Pada prinsipnya rotasi tanaman adalah mengganti tanaman dengan jenis lain yang bukan merupakan inang nematoda, sebagai contoh  untuk mengendalikan Hirchmaniella tanaman padi dapat dirotasi dengan tanaman polowija.
2.      Pemupukan bahan organik
Pengendalian ini bertujuan memperbaiki struktur tanah sehingga tanaman menjadi tumbuh subur.  Tanaman yang sehat dan kuat lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Pupuk organik terutama pupuk kandang/kompos banyak berkembang mikroorganisme yang dapat berperan sebagai musuh alami nematoda, misalnya jamur perangkap, seperti Paecilomyces lilicinus dapat mengendalikan Meloidogyne dan Globodera pallida, Arthrobotrys oligospora bersifat “sticky network”
Dactylella lobota, bersifat ”sticky branches”,
Dactylella elliptospora, bersifat ”sticky knobs”,
Dactylaria candida, bersifat non “constricting ring”,
Arthrobotrys dactyloides, bersifatconstricting ring”,
Jamur endoparasit Harsporium anguillulae dan Catenaria anguillulae. Contoh bakteri : Pasteuria penetrans untuk mengendalikan Meloidogyne larva dan Pratylenchus

3.      Dengan pemanasan

Pada dasarnya nematoda parasit dapat mati pada suhu ± 45 oC.   Sterilisasi tanah dapat dilakukan dengan cara pemberian uap panas yang dialirkan melalui pipa-pipa.   Cara ini dilakukan pada tanah sebelum disebari biji/benih. Pencelupan bahan tanaman ke dalam air panas ditujukan pada nematoda endoparasit yang menyerang akar atau pada biji padi sebelum ditebar, suhu yang digunakan antara 50-55 oC, selama ± 15 menit.

4.      Dengan mulching

Menutup permukaan tanah dengan mulching menyebabkan terjadinya peningkatan suhu di bawah mulching, yang mungkin tidak cocok bagi kehidupan nematoda.  Penutupan tanah dapat pula mencegah masuknya nematoda ke bedengan tempat tanaman dibudidayakan.



5.      Menggunakan tanaman perangkap
Tanaman yang digunakan adalah tanaman yang sangat peka.  Untuk mengendalikan Heterodera pada kentang dapat dilakukan dengan dengan tanaman perangkap tomat.  Pencabutan tanaman tomat dilakukan setelah tanaman berumur 1,5 bulan kemudian dibakar,  pada saat dicabut diharapkan nematoda belum menghasilkan telur dan bila telah menghasilkan telur, telur nematoda belum masak.
6.      Penggenangan
Pada umumnya nematoda membutuhkan oksigen untuk melangsungkan hidupnya.  Penggenangan dapat menyebabkan berkurangnya kadar oksigen di dalam tanah, karena kedudukannya didesak oleh air.  Berkurangnya kandungan   O2 di dalam tanah menyebabkan nematoda sukar hidup atau bahkan dapat mati.
7.      Menggunakan tanaman tahan.
Keuntungan penggunaan tanaman tahan:
a)  Tidak menyebabkan pencemaran
b) Kompatibel
c)  Di tingkat petani murah/ mudah
d) Kumulatif
Kerugian:
a.  Mahal / waktu mendapatkan lama
b.  Menimbulkan biotipe
c.   Sumber genetik terbatas.
8.  Resistensi Tanaman
Resistensi tanaman adalah suatu keadaan dimana tanaman tahan terhadap serangan suatu hama. Resistensi tanman ini erat kaintanya dengan respon tanaman terhadapserangan hama dan keterkaiatn hama terhadapa tanaman.
Mekanisme resistensi:
a)  Non preference
b) Antibiosis
c)  Toleran

1 komentar: